Setelah Bulan lalu Tim Monev dari Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI , giliran Tim dari Badan Pengawasan (Bawas) MAhkamah Agung (MA) RI  Tanggal 21 s/d 22 September 2016 kemarin menyambangi Pengadilan Agama (PA) Sukoharjo.

Anggota dari Tim Bawas ( Ibu Yekti ) sedang berdiskusi dengan

Sekretaris dan Kasubag Kepegawaian

Terima kasih, kami mendapat pelajaran berharga dari Bawas hari ini, begitu tutur Ibu Kasubag Kepegawaian PA Sukoharjo, Evi Komalasari, ternyata banyak yang harus diperbaiki. Pelayanan Publik sudah harga mati begitu menurut Yekti, anggota Tim dari Bawas. Hal yang disoroti dari Pengadilan Agama Sukoharjo adalah pelayanan informasi pada  masyarakat pencari keadilan. Tim Bawas menyoroti pembuatan Surat Keputusan yang merupakan dasar dari sebuah pelayanan yang ternyata masih banyak kesalahan kesalaha. Hal ini berdampak tidak optimalnya  sebuah pelayanan. Penilaian  Bawas juga meliputi penerapan Teknologi Informasi , yang kali ini diapresiasi oleh TIM , sipp juga sudah jalan , ujar pak tris salah  satu anggota TIM Bawas.

REKAPITULASI RASIO PENANGANAN PERKARA PENGADILAN AGAMA SE-JAWA TENGAH PADA APLIKASI SIPP MAHKAMAH AGUNG RI PER 21 SEPTEMBER 2016

Siang ini, PTA Semarang kedatangan tamu khusus dari Komisi Yudisial RI. Hadir dalam rombongan antara lain Ketua Bidang Pengawasan Perilaku Hakim Dr. Jaja Ahmad Jayus, S.H., M.Hum dan manta Wakil Ketua PTA Semarang yang telah purna tugas dan sekarang berkarir di Komisi Yudisial RI menjabat sebagai Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Drs H. Maradaman Harahap, S.H., M.H. Adapun tujuan kunjungan kerja adalah untuk mengetahui efektifitas penjatuhan sanksi.

KPTA bersama Anggota Komisi Yudisial

Acara yang digelar di aula PTA Semarang ini bermula sekira pukul 13.30 siang dan turut dihadiri oleh seluruh hakim tinggi PTA Semarang serta para Ketua PA se wilayah koordinator Semarang. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua PTA Semarang bapak Drs. H. Mansur Nasir, S.H., M.H. Beliau menyampaikan selamat datang kepada rombongan dari KY dan selamat datang kembali di PTA Semarang kepada bapak Maradaman Harahap. Bahwa Mahkamah Agung RI dan Komisi Yudisial RI bekerja beriringan, saling bahu membahu seperti layaknya bersaudara. Sehingga sudah banyak kerja sama yang dilakukan antar keduanya yang menimbulkan persatuan bersama antara lain tentang panduan penegakan kode etik dan pedoman perilaku hakim, tata cara pemeriksaan bersama, tata cara pembentukan tata kerja dan tata cara pengambilan keputusan majelis kehormatan hakim, serta seleksi pengangkatan Hakim Agung yang intinya tidak lain hanyalah dalam rangka menjunjung tinggi dan menjaga martabat hakim dan juga agar hakim dalam menjalankan tupoksinya senantiasa menjunjung tinggi martabat hakim.

Sebagai bahan laporan bahwa di wilayah PTA Semarang sampai saat ini terdapat pengaduan sebanyak 18 pengaduan dan sudah diselesaikan 12 pengaduan semnatar 3 pengaduan dalam proses. Dari 12 pengaduan yang telah diproses tersebut telah ditindaklanjuti dan diberikan sanksi sebanyak 2 terlapor, sedangkan 3 selebihnya menyangkut substansi namun buka mengenai kode etik dan sudah ditindaklanjuti dengan menyarankan untuk melakukan upaya hukum.

Selanjutnya sambutan dari pimpinan rombongan KY dan dirangkai dengan pemaparan materi serta dialog dan tanya jawab. Lebih jauh, kegiatan ini dimaksudkan sebagai evaluasi terhadap penanganan laporan masyarakat yang dilaksanakan oleh Komisi Yudisial, review terhadap usul penjatuhan sanksi dan sekaligus untuk mengetahui langkah-langkah preventif yang dilakukan Pengadilan Tinggi Agama Semarang guna mencegah pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim pada masa mendatang

 

Drs. Kholis, M.H sebgai Pembina Upacara

Sebagai pembina upacara Drs. Kholis, S.H (Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo), pemimpin upacara Tukino, S.H, pengibar bendera merah putih Ricky Awal Gusranto, Faisal  dan Susanto, pembaca UUD Suyanto dan pembaca doa Drs. Panut,  Upacara dimulai tepat pukul 07.15 wib, upacara dilaksanakan dengan hikmat oleh seluruh  peserta upacara dan berakhir pukul 08.15 wib. Seperti ditahun-tahun yang lalu, Pengadilan Agama Sukoharjo juga mendapat undangan upacara bendera memperinganti HUT RI ke 71 dari Pemda Kabupaten Sukoharjo, sehingga setelah selesai upacara di kantor Pengadilan Agama Sukoharjo dilanjutkan mengikuti upacara (perwakilan pegawai) di alaun-alun Sukoharjo .

Pasukan Pengibar Bendera

www.pta-semarang.go.id

Prof. Dr. H. Abdul Manan, S.H.,S.IP, M.Hum, Ketua Kamar Peradilan Agama Mahkamah Agung RI menyerahkan sertifikat ISO 9001-2015 kepada Sembilan Pengadilan Agama di Jawa Tengah (Pengadilan Agama Sukoharjo, Demak, Salatiga, Kebumen, Batang, Pemalang, Mungkid, Kendal dan Purwodadi) yang dilaksanakan di Hotel New Puri Garden Semarang (Rabu, 10/8). Penyerahan ini bertepatan dengan kegiatan pembinaan Ketua Kamar Peradilan Agama dan Hakim Agung (Dr. H. Amran Suadi, S.H.,M.H.,MM dan Dr. H. Purwosusilo, S.H.,MH) kepada Hakim Tinggi PTA Semarang, Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se-Jawa Tengah.

 

Penyerahan Sertifikat ISO 9001 – 2015 kepada 9 Pengadilan Agama di Jawa Tengah

Dalam sambutannya, Drs. H. Mansur Nasir, S.H.,M.H. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang menyampaikan bahwa dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan terhadap pencari keadilan 18 Pengadilan Agama di Jawa Tengah sedang proses menerapkan sistem manajemen mutu  melalui program ISO 9001-2015 dan yang sudah dilakukan audit eksternal oleh Badan Sertifikasi ISO dan dinyatakan lulus Sembilan Pengadilan Agama, sedangkan sisanya (Pengadilan Agama Banjarnegara, Cilacap, Kudus, Jepara, Semarang, Blora, Surakarta, Wonogiri dan Pati) masih dalam proses audit eksternal. Selanjutnya Mansur Nasir menyampaikan bahwa upaya pembinaan yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Agama Semarang selain mendorong meningkatnya pelayanan, juga sudah membentuk tim Satuan Tugas Teknologi Informasi untuk percepatan implementasi Sistem Informasi Penelusuruan Perkara (SIPP) kepada Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah sekaligus evaluasi melalui kegiatan lomba SIPP, lomba layanan publik dan validasi Sikep MA-RI.  Kehadiran Ketua Kamar dan Hakim Agung diharapkan dapat lebih mempertajam pembinaan kepada Hakim Tinggi, Ketua, Hakim, panitera dan Sekretaris  baik dalam tugas-tugas teknis maupun tugas-tugas pelayanan, tambah Mansur Nasir.

Dalam pembinaannya, Prof. Dr. H. Abdul Manan, S.H.,S.IP, M.Hum mengucapkan terima kasih atas keberhasilan Pengadilan Agama yang sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001-2015 sehingga harapan masyarakat untuk terlayani dengan baik di Pengadilan Agama terwujud melalui program-program yang ditentukan, namun demikian jangan sampai terlena dengan eforia keberhasilan mendapatkan sertifikat ISO sehingga melupakan tugas teknis yaitu penerapan hukum acara sesuai aturan yang ada, untuk itu kepada para hakim dan panitera agar selalu memperdalam hukum acara dan menerapkannya dalam tugas-tugas teknis, kemudian kepada para pimpinan dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris agar dapat bekerja seiring sejalan dan selalu komunikasi dan koordinasi sehingga suasana tempat kerja menjadi kondusif, tambah H. Abdul Manan.

Selanjutnya, pembinaan  teknis disampaikan oleh Dr. H. Amran Suadi, S.H.,M.H,MM dan Dr. H. Purwosusilo, S.H.,M.H. dilanjutnkan dengan Tanya jawab yang dipandu oleh Drs. H. Sarif Usman, S.H.,M.H. Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang. (ahid)

Panggilan Qoib (Tidak Diketahui Alamatnya)

  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya
  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya
  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya

Pimpinan

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Kepaniteraan

Transparansi Anggaran

Who's Online

Kami memiliki 26 Tamu online

Penunjuk Waktu

 

Sukoharjo

Hari ini

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini57
mod_vvisit_counterKemarin250
mod_vvisit_counterMinggu ini307
mod_vvisit_counterBulan ini5668
mod_vvisit_counterTotal451493

Berita PTA Semarang

Situs Web Resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang

Berita Umum

ANTARA News - Berita Terkini
News And Service
  • Anies akui belum berbagi tugas dengan Sandi
    Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku masih belum berbagi tugas dengan Wakil Gubernur Sandiaga Salahuddin Uno. "Untuk sekarang ini kita sama-sama dulu. Kita lihat dulu sama-sama," kata Anies di Balai Kota, ...
  • Mendag: ekspor ke pasar nontradisional mulai naik
    Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa rencana pemerintah untuk memperluas pasar produk dalam negeri dan meningkatkan kinerja ekspor dengan membuka pasar-pasar ekspor nontradisional mulai menunjukkan ...
  • Warga terdampak pernikahan anak presiden berharap kompensasi
    Sejumlah warga pelaku usaha di kawasan Gedung Graha Saba Buwana yang menduga bakal terdampak pelaksanaan pernikahan anak kedua Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, berharap adanya kompensasi selama penyelenggaraan acara ...

Jajak Pendapat

Bagaimana pelayanan kami?
 

Waktu Shalat

KONTAK KAMI

AL-Qur'an Online

Hitung Zakat