www.pa-sukoharjo.go.id - Situs Resmi Pengadilan Agama Sukoharjo

DENPASAR | (09/05/2016) - Ketua MA telah meresmikan peluncuran SIPP Versi 3.1.2  yang menandakan sistem tersebut siap digunakan untuk semua lingkungan peradilan. Untuk menjamin SIPP efektif digunakan dalam proses penganan perkara, Ketua MA  meminta Para Dirjen membentuk “ Tim Pengawal”.

Ketua MA dalam Launching SIPP Tingkat Banding 9/5/2016

“Saya meminta kepada seluruh direktur jenderal untuk membentuk tim di tingkat nasional dan daerah yang mengawal penerapan SIPP ini ke seluruh Indonesia”, ungkap Ketua MA dalam pidato sambutannya, Senin (9/5/2016) di Denpasar.Menurut  Ketua MA, Idealnya “Tim Pengawal SIPP” ini berasal dari satker lintas lingkungan dan menjadi focal point dari para administrator IT di suatu daerah. Dengan komposisi tim seperti ini, ketika ada pengadilan dari satu lingkungan yang mengalami kesulitan di bidang IT, pengadilan dari lingkungan lain di kota yang sama akan dapat langsung membantu.
Ketua MA juga mengingatkan agar  pegawai yang sudah mengikuti pelatihan dilibatkan dalam “Tim Pengawal” ini. Keberadaan  Tim ini akan menjadi semacam unit reaksi cepat ketika terdapat permasalahan dalam aplikasi SIPP, sehingga tidak ada kepanikan dikala menemukan  kendala teknis.
“Ketua Pengadilan Tingkat Banding juga merasa tenang, karena mereka memiliki tim lokal dan mitra lokal yang bisa membantu mendorong penerapan aplikasi ini”, ujar Ketua MA. [an].

 

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Pada tanggal 1 April 2016  bertempat di Pengadilan Agama Sukoharjo. Dilaksanakan pelantikan Wakil Ketua Baru Drs. H. Muhammad Syafi, S. H, M. H. dan Drs. H. Muhammad Mansur sebagai Panitera menggantikan Bapak Drs. H. Lukman Hakim yang dimutasi ke Pengadilan Agama Rembang. Pelantikan dipimpin oleh Bapak Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo. Dalam Sambutan Singkatnya beliau mengucapkan selamat kepada Bapak Drs. H. Muhammad Syafi, S.H, M.H dan Drs. H. Muhammad Mansur atas bergabungnya kedalam keluarga besar Pengadilan Agama Sukoharjo.

Dalam pola mutasi yang dilakukan oleh Badilag tujuannya untuk penyegaran dan peningkatan kelancaran pelaksanaan tugas. Untuk Pejabat yang baru semoga menjadi subjek pembaharu dan menciptakan pelayanan yang berkualitas serta bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme sesuai dengan misi di Pengadilan Agama Sukoharjo, dan untuk pejabat sebelumnya, semoga selalu dalam tuntunan Allah SWT dan senantiasa tetap berkarya dan memberikan kontribusi dan perubahan menjadi lebih baik dalam lingkungan kerja yang baru.

 

Pada akhir acara ditutup dengan pembacaan do’a dan dilanjutkan dengan ucapan selamat kepada yang baru dilantik dengan diawali oleh oleh Bapak Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo, diikuti para Hakim dan seluruh pegawai.

 

Dalam Perka LAN No. 16 Tahun 2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan I dan II. Diklat Prajabatan diselenggarakan untuk membentuk Pegawai Negeri Sipil yang profesional yang mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan publik. Untuk itu diperlukan pembentukan karakter melalui jalur pendidikan dan Pelatihan Prajabatan. Pola Prajabatan yang lama masih menggunakan pembelajaran klasikal dengan metode ceramah menunjukkan bahwa tidak mudah membentuk nilai-nilai dasar PNS. Berdasarkan pertimbangan tersebut diklat prajabatan membuat inovasi baru yang memungkinkan peserta menginternalisasikan nilai-nilai Dasar PNS dengan cara mengalami sendiri penerapan dan aktualisasi baik di tempat kerja / magang sehingga dapat merasakan manfaat secara langsung. Salah Satu Peserta Diklat Prajabatan Golongan II melakukan kegiatan aktualisasi ditempat magang yaitu Pengadilan Agama Sukoharjo.

Untuk menfasilitasi kegiatan aktualisasi peserta diklat, Pengadilan Agama Sukoharjo menunjuk dua mentor sebagai pembimbing peserta diklat atas nama Dwi Hastuti, A. Md yaitu Bapak Adhi Kurniawan, S. Kom dan Bapak Ambang Cahyo Wibowo, SE, M. Si yang akan membimbing selama peserta melakukan kegiatan aktualisasi. Peserta Magang berasal dari Satuan Kerja Pengadilan Agama Tondano.

 

 

Kegiatan Aktualisasi peserta diklat telah dilakukan mulai tanggal 4 April 2016. Dengan Penunjukkan mentor tersebut peserta dapat mengimplementasikan rancangan yang telah dibuat dan bisa mengaktualisasikan Nilai - Nilai Dasar PNS yaitu nilai ANEKA didalam lingkup kerja sehingga Peserta dapat membuat laporan yang akan diseminarkan dalam Diklat Prajabatan tanggal 19 April 2016 serta Peserta mampu dan memahami tugas dan kewajiban sebagai Pegawai Negeri Sipil. Selain itu dengan adanya kerjasama antar Pengadilan mempererat tali silaturahmi kedua Pengadilan Agama.

 

Sukoharjo, 21/3/2016

Alih Tugas memang tidak bisa dihindarkan, kali ini menimpa H. Lukman Hakim, Panitera Pengadilan Agama Sukoharjo, hal itu pula yang menjadikan PA Sukoharjo menjadi object Pengawasan, Tim Dari PTA Semarang, yang diketuai oleh Hakim Tinggi Muchtadin, Pengawasan tersebut berlangsung 2 hari dari tanggal 21/3/2016 s/d 22/3/2016, Pengawasan kali ini bukan bertujuan untuk mencari cari kesalahan, tetapi untuk menjadikan PA Sukoharjo menjadi lebih baik kedepan.

 

Penyampaian Ekpos Hasil Temuan

Serah Terima Hasil Pengawasan

Sosialisasi dan Pemantapan SIPP Versi 3.1.1 Pengadilan Agama
Wilayah Eks-Karesidenan Surakarta


Sukoharjo | pa-sukoharjo.go.id
Perubahan adalah sebuah keniscayaan. Kalimat tersebut sudah menjadi pedoman bagi seluruh warga Peradilan Agama, khususnya wilayah Eks-Karesidenan Surakarta. Terbukti dengan begitu cepatnya merespon kebijakan dari Mahkamah Agung untuk menggunakan aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) sebagai sistem informasi keperkaraan yang menggantikan SIADPA (Sistem Informasi Administrasi Peradilan Agama), sebuah sistem informasi yang sudah mapan dan sudah sangat dikenal oleh warga Peradilan Agama. Respon tersebut berupa segera dilaksanakannya instalasi dan migrasi SIADPA ke SIPP setelah disosialisasikan dalam tingkat pimpinan oleh Sekretaris Mahkamah Agung pada acara Pelatihan SIPP Versi 3.1.1 untuk 4 lingkungan peradilan pada tanggal 16 s/d 18 Pebruari 2016 di Hotel Novotel Semarang. Proses instalasi dan migrasi SIADPA ke SIPP sendiri tentunya pekerjaan yang membutuhkan kecermatan, ketekunan dan keahlian tertentu agar dapat berjalan dengan sempurna.



Setelah semua proses instalasi dan migrasi sukses dilaksanakan di seluruh wilayah Pengadilan Agama Se-Eks Karesidenan Surakarta, maka pada tanggal 10 Maret 2016, Koordinator Wilayah Surakarta menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Pemantapan SIPP Versi 3.1.1 dalam rangka menyambut ISO dengan menunjuk Pengadilan Agama Sukoharjo sebagai panitia penyelenggara. Sosialisasi tersebut bertempat di Hotel Sarila Sukoharjo yang menghadirkan narasumber dari PTA Semarang, Widodo S.Kom. Acara dibuka oleh Panitera PTA Semarang, Rachmadi Suhamka, S.H. sekaligus memberikan arahan tentang pentingnya kesiapan dalam menghadapi perubahan. Selain itu, Panitera PTA Semarang juga menekankan tentang kesiapan seluruh Pengadilan Agama di wilayah Eks-Karesidenan Surakarta untuk memperoleh ISO sebagai pengakuan atas jaminan mutu pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Selanjutnya, jika mutu atas pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat disinergikan dengan implementasi teknologi informasi, tentunya untuk mencapai titik best practice atau pelayanan prima bukanlah hal yang sulit.
 
Dalam acara tersebut, seluruh peserta mulai dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Jurusita, serta elemen yang terkait pelayanan langsung diantaranya kasir, petugas meja 1, meja 2 dan meja 3 nampak sangat antusias hingga akhir acara pukul 16.00 WIB. Acara ditutup oleh Ketua Koordinator Wilayah Eks-Karesidenan Surakarta, Drs. Wahyudi, S.H.,M.H., sekaligus manyampaikan salam pamit karena akan melaksanakan tugas pengabdian sebagai Hakim di Pengadilan Agama Indramayu Kelas 1 A.

 

Panggilan Qoib (Tidak Diketahui Alamatnya)

  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya
  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya
  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya

Pimpinan

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Kepaniteraan

Transparansi Anggaran

Who's Online

Kami memiliki 25 Tamu online

Penunjuk Waktu

 

Sukoharjo

Hari ini

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini20
mod_vvisit_counterKemarin100
mod_vvisit_counterMinggu ini336
mod_vvisit_counterBulan ini2320
mod_vvisit_counterTotal455683

Berita PTA Semarang

Situs Web Resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang

Berita Umum

ANTARA News - Berita Terkini
News And Service
  • Cerita pengemudi gojek yang mengantar pembunuh dokter
    Supir Go-Jek yang mengantar tersangka dokter Ryan Helmi ke Azzahra Medical Center Cawang, tempat  dia menembak istrinya dokter Letty Sultri hingga tewas menceritakan lagi kejadian nahas itu. Rahmadsah Nasution (51) ...
  • Pemulangan Korban KKB Jateng
    Para korban penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Timika, Papua tiba di Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (22/11/2017). Sebanyak 43 warga Jateng korban penyanderaan KKB yang dinyatakan ...
  • Presiden sampaikan pesan persatuan di pesantren Lombok
    Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan persatuan dalam kunjungan kerja Kamis di Lombok, tempat Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani (NW) dan Pondok Pesantren Darunahdlatin Nahdlatul Wathon Pancor yang ...

Jajak Pendapat

Bagaimana pelayanan kami?
 

Waktu Shalat

KONTAK KAMI

AL-Qur'an Online

Hitung Zakat