www.pa-sukoharjo.go.id - Situs Resmi Pengadilan Agama Sukoharjo

Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, dalam kehidupan sehari-hari, PNS dianggap sebagai panutan masyarakat, bahwa setiap PNS haruslah berkepribadian yang baik, menjadi teladan bagi masyarakat dan rela berkorban untuk kepentingan masyarakat.  Demikian cuplikan sambutan Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo Drs. Kholis, MH pada pengambilan sumpah/janji PNS an. Agus Sriyono dan Suyanto hari Selasa, 8 Desember 2015 di Ruang Sidang I Kantor Pengadilan Agama Sukoharjo.

Sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang bahwa keduanya ditempatkan di Pengadilan Agama Sukoharjo yang masing-masing sebagai Staf Administrasi Panmud Gugatan dan Staf Administrasi Kepala Sub Bagian Umum.

Penantian yang tidak singkat bagi keduanya, begitu terang Bapak Drs. Kholis, MH. Bagi Agus Sriyono yang harus menunggu selama 13 tahun dan Suyanto 14 tahun. Agus sendiri telah mengabdikan dirinya sebagai Honor K2 di Pengadilan Agama Klaten hingga akhirnya dilantik sebagai PNS di PA Sukoharjo. Suyanto juga tidak jauh berbeda dengan Agus, karena Suyanto sendiri sebelumnya juga telah mengabdi sebagai honorer K2 selama 14 tahun di Pengadilan Agama Surakarta.

Maksud dan tujuan pelaksanaan pengambilan sumpah/janji PNS adalah pembinaan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pemerintah serta berdayaguna maupun sadar akan tanggung jawabnya sebagai unsur Aparatur Sipil Negara, abdi negara dan abdi masyarakat.

Upacara pengambilan sumpah ini dihadiri Ketua Pengadilan Agama Surakarta dan rombongan serta Ketua Pengadilan Agama Klaten dan rombongan. Turut Hadir pula pejabat struktural dan fungsional Pengadilan Agama Sukoharjo.

Sukoharjo,

Selasa siang (25/11/2015) Pengadilan Agama Sukoharjo mendapat Rombongan terdiri dari 5 orang yang dipimpin langsung oleh Ucok Subardjo, SH, MM , Bagian Umum Badan Peradilan Agama, Sesampainya di PA Sukoharjo, tim Badilag langsung melihat secara langsung kondisi PA dan kemudian mulai merekap apa yang menjadi kebutuhan PA Sukoharjo untuk dapat meningkatkan pelayanan publiknya, disampaikan pula Badilag akan mengirimkan TV LCD 48 inch dan Laken untuk Pengadilan Agama Sukoharjo. Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo, Drs. Kholis , M.H, dalam pertemuan dengan Tim Badilag memaparkan kondisi dan kebutuhan  di Pengadilan Agama Sukoharjo .Monitoring ini diselenggarakan  dalam rangka Evaluasi dan MonitoringBMN di Wilayah Koordinator Jawa Tengah.

 

Tim dari Badilag

 

Apel Senin pagi adalah menjadi rutinitas Pengadilan Agama Sukoharjo. Dikomandani H. Tukino, SH., apel Senin pagi tanggal 26 Oktober 2015 diikuti oleh seluruh jajaran Pengadilan Agama Sukoharjo. Menjadi pembina apel adalah Bapak Drs. Kholis, M. H. (Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo). Dalam kesempatan ini, Ketua PA Sukoharjo menghimbau, agar kedisiplinan harus tetap dijaga. Hal ini berkenaan dengan tuntutan peradilan pada umumnya. Beliau juga menekankan betapa pentingnya pelayanan yang prima kepada para pencari keadilan. Sikap santun dan melayani harus tertanam pada pribadi masing-masing pegawai PA Sukoharjo. Kesan angker yang selama ini menghantui masyarakat umum kalau mendengar atau membahas mengenai Pengadilan, harus dapat dirubah. "Kita semua paham, bahwa masyarakat yang datang ke sini rata-rata adalah yang mempunyai masalah, makanya janganlah kita malah menambahi masalah. Makanya kita harus tetap santun, ramah, dan melayani dengan penuh tanggung jawab. Agar tidak ada kesan Angker. Satpam pun yang Garang harus senyum kepada masyarakat pencari keadilan.", begitu sedikit kutipan amanah beliau.

Dalam kesempatan itu pula Pak Kholis mengingatkan, bahwa bekerja adalah ibadah. Selain itu, menurut beliau dirasa harus selalu menjaga kebersihan dan kerapian kantor, karena Mahkamah Agung juga mengistruksikan tentang pentingnya hal tersebut. Di akhir Apel ditutup dengan do'a yang dibacakan oleh Drs. H. Achmad Baidlowi.

Lahir di Kota Brebes, Jawa Tengah, 03 Januari 1967 adalah Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo yang baru. Beliau pindah dari jabatan Wakil Ketua pada Pengadilan Agama Pati, karena harus menjalankan amanah dan tanggung jawab barunya. Drs. Kholis, M. H. adalah nama beliau. Pak Kholis (begitu beliau akrab disapa), menggantikan Ketua sebelumnya yaitu Drs. Asep Hidayat, SH. (sekarang Hakim PA Jakarta Timur).

Berawal dari seorang Hakim PA Dili pada tahun 1995, Pak Kholis mulai menjalankan tugasnya sebagai penegak keadilan. Setelah itu, beliau menduduki jabatan Wakil Ketua di PA Kupang tahun 1999. Tidak berhenti sampai disitu, karir yang cemerlang terus diraih oleh pria lulusan Universitas Muslim Indonesia Ujung Pandang ini. Salah satunya adalah menjadi Ketua di PA Soe di tahun 2002 sampai dengan tahun 2004. Dengan saratnya pengalaman beliau tersebut lantas di tahun 2004 beliau mendapat tugas baru lagi di PA Purwodadi sebagai Hakim. Memang sudah menjadi tanggung jawab pria yang juga pernah mengenyam pendidikan di IAIN Semarang tahun 1991 ini, untuk berpindah-pindah dari satker satu ke satker yang lain sebagai kontribusi, wujud taat kepada negara dan tuntutan reformasi birokrasi Mahkamah Agung RI.

Tidak berhenti di PA Purwodadi saja sebelum Beliau akhirnya menjadi Ketua di Pengadilan Agama Sukoharjo ini. Karena di tahun 2009 Pak Kholis diberikan tanggung jawab sebagai hakim di Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Selang dua tahun beliau pindah lagi menjadi Hakim di PA Semarang, tepatnya di tahun 2011. Setelah itu, di tahun 2012 Pak Kholis menjadi Wakil Ketua di Pengadilan Agama Pati. Dan pada bulan September tahun 2015 ini, beliau resmi dilantik  menjadi pucuk pimpinan di Pengadilan Agama Sukoharjo.

Santun, ramah, disiplin dan bersemangat adalah kesan beliau di mata rekan-rekan pegawai Pengadilan Agama Sukoharjo. Komitmen beliau untuk PA Sukoharjo adalah meneruskan apa yang sudah baik di masa kepemimpinan Ketua yang sebelum-sebelumnya, dan berusaha untuk dapat menjadi lebih baik lagi. Demikian secuil perjalanan karir Bapak Drs. Kholis, M. H. sebagai Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo yang baru.

Hari ini Senin 24 Agustus 2015 tampak seperti biasa rutinitas di kantor Pengadilan Agama Sukoharjo. Para pegawai tetap masuk pukul 07.30 WIB. Apel pagi pun tetap berjalan seperti biasanya. Tidak ada kegiatan diluar kebiasaan sehari-hari kantor Pengadilan Agama Sukoharjo.

Namun sontak berubah ketika jam menunjukkan pukul 08.30 WIB. Rombongan Tim PTA Semarang hadir di Pengadilan Agama Sukoharjo. Dipandegani langsung oleh beliau Bapak Drs. H. Mansur Nasir, SH., MH. (KPTA Semarang). Turut dalam rombongan, Bapak Tri Haryono, SH., dan Bapak Suparijanto Sigit, SH. Berturut-turut sebagai Ketua Tim, Sekretaris Tim dan Anggota.

Hal ini dilaksanakan untuk Audit Keuangan Pihak Ketiga dalam rangka serah terima Jabatan Ketua dan Panitera / Sekretaris pada Pengadilan Agama Sukoharjo. Rombongan diterima secara langsung oleh Bapak Drs. Asep Hidayat, SH beserta jajaran pimpinan Pengadilan Agama Sukoharjo. Dikesempatan itu Bapak KPTA Semarang juga berkeliling dan melihat-lihat keadaan Kantor Pengadilan Agama Sukoharjo secara umum. Tak luput dari pandangan Beliau, adalah berjajarnya piagam yang telah diraih Pengadilan Agama Sukoharjo baik di tingkat daerah atau nasional.

Tim segera menyelesaikan tugas dan kewajibannya. Kegiatan berlangung sehari penuh. Akan tetapi semuanya berjalan lancar dan tampa hambatan. Setelah usai Tim segera meninggalkan kantor Pengadilan Agama Sukoharjo, karena Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang harus segera melanjutkan tugas kedinasan  ke Yogyakarta.

 

Panggilan Qoib (Tidak Diketahui Alamatnya)

  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya
  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya
  • Panggilan Tidak Diketahui Alamatnya

Pimpinan

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Kepaniteraan

Transparansi Anggaran

Who's Online

Kami memiliki 12 Tamu online

Penunjuk Waktu

 

Sukoharjo

Hari ini

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini46
mod_vvisit_counterKemarin104
mod_vvisit_counterMinggu ini442
mod_vvisit_counterBulan ini1291
mod_vvisit_counterTotal457789

Berita Umum

ANTARA News - Berita Terkini
News And Service
  • Wamen: Investasi EBT masih menjanjikan
    Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan bahwa investasi energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia masih menjanjikan bagi para pengembang. Dalam kunjungannya ke PLTBg di Jangkang, ...
  • Palestina sampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia
    Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia menyampaikan terima kasih atas dukungan rakyat dan pemerintah Indonesia yang menolak pengakuan Amerika Serikat terkait dengan Yerusalem sebagai ibu kota Israel. "Terima kasih rakyat ...
  • Indonesia rebut 16 emas Asian Youth Para Games Dubai
    Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia berhasil merebut sebanyak 16 medali emas pada ajang pesta olahraga Asian Youth Para Games (AYPG) 2017, di Dubai yang digelar tanggal 7 hingga 14 Desember. "Kami ...

Jajak Pendapat

Bagaimana pelayanan kami?
 

Waktu Shalat

KONTAK KAMI

AL-Qur'an Online

Hitung Zakat