www.pa-sukoharjo.go.id - Wakil Ketua MA-RI Bidang Non-Yudisial: “Hindari Pertemuan dengan Pihak Berperkara”

 Jakarta l badilag.net (29/04)

imageWakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial Dr. H. Ahmad Kamil, SH, Mhum mewanti-wanti aparat peradilan agar menghindari pertemuan dengan para pihak yang berperkara. Sebab, pertemuan-pertemuan seperti itu berpotensi menimbulkan penyimpangan perilaku aparat peradilan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

“Hal ini harus dilakukan agar reformasi birokrasi di Mahkamah Agung dapat berjalan secara sempurna,” ujar Ahmad Kamil, ketika memberikan pembinaan di sela-sela pelantikan Wakil Ketua PTA Surabaya, Senin (26/4/2010).

Belakangan, MA memang memperketat aturan mengenai pertemuan aparat peradilan dengan pihak-pihak berperkara. Hal ini dibuktikan dengan diterbitkannya Surat Edaran MA No. 3 Tahun 2010 tentang Penerimaan Tamu.



Dalam SEMA yang diterbitkan pada 8 Maret 2010 itu, pada poin pertama, MA menegaskan seluruh aparat peradilan di manapun berada dilarang menerima tamu dari pihak yang berkepentingan dengan suatu perkara yang belum, sedang, atau sudah diperiksa dan diputus.

Meski demikian, larangan tersebut sedikit diperlonggar. Bagaimanapun, pertemuan aparat peradilan dengan pihak yang berperkara di luar sidang kerap terjadi untuk urusan administrasi.

 “Dalam hal karena pertimbangan menyangkut proses administrasi dari suatu perkara harus diterima, maka pertemuan tersebut harus dihadiri dua pihak yang berperkara, dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan untuk menghadap di Kantor tempat bertugas,” demikian bunyi poin kedua dalam SEMA yang ditandatangani Ketua MA Dr. H. Harifin A Tumpa, SH, MH, itu.
 Pada poin ke tiga, disebutkan bahwa bila salah satu pihak tidak hadir walaupun telah dipanggil secara resmi, maka pertemuan masih bisa dilangsungkan, tetapi harus disaksikan seorang pejabat struktural di kantor tersebut.

 SEMA No. 3 Tahun 2010 tersebut merupakan penyempurnaan dari Surat Ketua MA No. MA/KUMDIL/P.01/II/2002 tertanggal 15 Februari 2002 tentang Petunjuk Penerimaan Tamu. Dibanding aturan sebelumnya, aturan penerimaan tamu sekarang lebih rinci dan jelas.

Pimpinan

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Kepaniteraan

Transparansi Anggaran

Who's Online

Kami memiliki 16 Tamu online

Penunjuk Waktu

 

Sukoharjo

Hari ini

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini322
mod_vvisit_counterKemarin292
mod_vvisit_counterMinggu ini1267
mod_vvisit_counterBulan ini4551
mod_vvisit_counterTotal494454

Berita Umum

ANTARA News - Berita Terkini
News And Service
  • Preman penodong dalam Kopaja di Daan Mogot dibekuk
    Preman jalanan penodong korban penumpang Bus Kopaja 88 jurusan Kalideres-Slipi saat melintas di Jalan Daan Mogot berhasil dibekuk polisi, Jumat (20/7). Kepolisian Sektor Tanjung Duren Polres Metro Jakarta Barat Komisaris ...
  • Disiagakan 10 helikopter pembom air untuk Asian Games
    Sebanyak 10 helikopter pembom air disiagakan di Palembang (Sumatera Selatan) saat Asian Games XVIII tahun 2018 pada Agustus mendatang. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumatera Selatan, Willem ...
  • Jasa Penukaran Uang Riyal Calon Haji
    Pekerja penukaran uang menunjukan uang kertas pecahan Riyal di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (20/7/2018). Para penyedia jasa penukaran uang memanfaatkan momentum keberangkatan jamaah calon haji ...

Jajak Pendapat

Bagaimana pelayanan kami?
 

Waktu Shalat

KONTAK KAMI

AL-Qur'an Online

Hitung Zakat