www.pa-sukoharjo.go.id - Prosedur Berperkara

Bahwa Pengadilan Agama Sukoharjo untuk prosedur berperkara di Pengadilan Agama Sukoharjo berpedoman kepada SK MARI Nomor : KMA / 001 / SK /1991 Tg 24-01-1991 tentang Pola Bindalmin, yang dapat dikemukakan secara terperinci sebagai berikut :

Untuk perkara gugatan cerai :

  1. Penggugat / Wakilnya datang menghadap sendiri di PA, menghadap petugas Meja 1,bagi yang telah membawa surat gugatan diserahkan kepada petugas Meja 1, yang kemudian diteliti petugas Meja1 yang kemudian diproses melalui program SIADPA atas gugatan tersebut.
  2. Bagi yang belum membawa surat gugatan akan dibantu oleh petugas Meja 1 dalam pembuatan surat gugatan tersebut.
  3. Bagi para penggugat disarankan untuk membawa surat-surat bukti yang berkenaan dengan gugatannya seperti umpamanya buku nikah, KTP, dsb.
  4. Membayar biaya perkara sesuai dengan SK Ketua PA Sukoharjo .
  5. Bagi penggugat yang tidak bisa baca tulis gugatan diajukan secara lisan kepada Ketua Pengadilan Agama ( Petugas yang ditunjuk untuk itu ).
  6. Bagi orang yang tidak mampu membayar biaya perkara bias diajukan secara cuma-cuma ( Prodeo )

Untuk perkara permohonan, seperti umpanya pengesahan nikah, wali adlol, dispensasi   nikah, adopsi / pengesahan, penetapan ahli waris dll.

  1. Untuk pemohon yang telah membawa surat permohonan / belum prinsipnya sama prosedurnya dengan pengajuan gugatan.
  2. Bagi para pemohon juga disarankan untuk membawa alat-alat bukti sesuai dengan relevansinya surat permohonan tersebut.
  3. Untuk perkara permohonan prosedur membayar biaya perkara atau yang tidakmampu serta yang tidak bisa baca tulis prosedurnya sama dengan perkara gugatan.

Demikian prosedur berperkara di Pengadilan Agama Sukoharjo yang cukup sederhana dipahami dan bagi yang belum jelas untuk datang ke PA Sukoharjo.

Pimpinan

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Kepaniteraan

Transparansi Anggaran

Penunjuk Waktu

 

Sukoharjo

Hari ini

Berita PTA Semarang

Situs Web Resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang

Berita Umum

ANTARA News - Berita Terkini
News And Service
  • Cerita pengemudi gojek yang mengantar pembunuh dokter
    Supir Go-Jek yang mengantar tersangka dokter Ryan Helmi ke Azzahra Medical Center Cawang, tempat  dia menembak istrinya dokter Letty Sultri hingga tewas menceritakan lagi kejadian nahas itu. Rahmadsah Nasution (51) ...
  • Pemulangan Korban KKB Jateng
    Para korban penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Timika, Papua tiba di Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (22/11/2017). Sebanyak 43 warga Jateng korban penyanderaan KKB yang dinyatakan ...
  • Presiden sampaikan pesan persatuan di pesantren Lombok
    Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan persatuan dalam kunjungan kerja Kamis di Lombok, tempat Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani (NW) dan Pondok Pesantren Darunahdlatin Nahdlatul Wathon Pancor yang ...

Waktu Shalat

KONTAK KAMI

AL-Qur'an Online

Hitung Zakat