www.pa-sukoharjo.go.id - Prosedur Berperkara

Bahwa Pengadilan Agama Sukoharjo untuk prosedur berperkara di Pengadilan Agama Sukoharjo berpedoman kepada SK MARI Nomor : KMA / 001 / SK /1991 Tg 24-01-1991 tentang Pola Bindalmin, yang dapat dikemukakan secara terperinci sebagai berikut :

Untuk perkara gugatan cerai :

  1. Penggugat / Wakilnya datang menghadap sendiri di PA, menghadap petugas Meja 1,bagi yang telah membawa surat gugatan diserahkan kepada petugas Meja 1, yang kemudian diteliti petugas Meja1 yang kemudian diproses melalui program SIADPA atas gugatan tersebut.
  2. Bagi yang belum membawa surat gugatan akan dibantu oleh petugas Meja 1 dalam pembuatan surat gugatan tersebut.
  3. Bagi para penggugat disarankan untuk membawa surat-surat bukti yang berkenaan dengan gugatannya seperti umpamanya buku nikah, KTP, dsb.
  4. Membayar biaya perkara sesuai dengan SK Ketua PA Sukoharjo .
  5. Bagi penggugat yang tidak bisa baca tulis gugatan diajukan secara lisan kepada Ketua Pengadilan Agama ( Petugas yang ditunjuk untuk itu ).
  6. Bagi orang yang tidak mampu membayar biaya perkara bias diajukan secara cuma-cuma ( Prodeo )

Untuk perkara permohonan, seperti umpanya pengesahan nikah, wali adlol, dispensasi   nikah, adopsi / pengesahan, penetapan ahli waris dll.

  1. Untuk pemohon yang telah membawa surat permohonan / belum prinsipnya sama prosedurnya dengan pengajuan gugatan.
  2. Bagi para pemohon juga disarankan untuk membawa alat-alat bukti sesuai dengan relevansinya surat permohonan tersebut.
  3. Untuk perkara permohonan prosedur membayar biaya perkara atau yang tidakmampu serta yang tidak bisa baca tulis prosedurnya sama dengan perkara gugatan.

Demikian prosedur berperkara di Pengadilan Agama Sukoharjo yang cukup sederhana dipahami dan bagi yang belum jelas untuk datang ke PA Sukoharjo.

Pimpinan

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Kepaniteraan

Transparansi Anggaran

Penunjuk Waktu

 

Sukoharjo

Hari ini

Berita Umum

ANTARA News - Berita Terkini
News And Service
  • Mamah Dedeh ceramah di Rest Area KM 57
    Pendakwah kondang Dedeh Rosidah atau yang lebih dikenal dengan Mamah Dedeh dijadwalkan akan berceramah dalam gelaran halal bi halal di Masjid At-Taubah di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek. Berdasarkan pantauan Antara di ...
  • Nota pembelaan Fredrich Yunadi setebal 1.865 halaman
    Nota pembelaan (pledoi) advokat Fredrich Yunadi setebal 1.865 halaman dalam kasus pidana merintangi pemeriksaan Setya Novanto dalam perkara korupsi dalam pengadaan KTP-Elektronik. "Totalnya sebenarnya 1.865 halaman, ...
  • Ratusan pengemis bersapu di Indramayu dan mitos di baliknya
    Pengemudi yang melintas di Jembatan Kali Sewo, perbatasan antara Indramayu dan Kabupaten Subang di Jalur Pantura Jawa Barat agar berhati-hati karena akan berhadapan dengan ratusan pengemis yang berjejer di sekitar jembatan ...

Waktu Shalat

KONTAK KAMI

AL-Qur'an Online

Hitung Zakat