www.pa-sukoharjo.go.id - SOP Pengembalian Sisa Panjar

Pertama:
Setelah Majelis Hakim membacakan putusan dalam sidang yang terbuka untuk umum, kemudian Ketua Majelis membuat perincian biaya yang telah diputus dan diberikan kepada Pemegang Kas  untuk dicatat dalam Buku Jurnal Keuangan Perkara dan Buku Induk Keuangan Perkara. 

Kedua:
Pemohon / Penggugat selanjutnya menghadap kepada Pemegang Kas untuk menanyakan perincian penggunaan panjar biaya perkara yang telah ia bayarkan, dengan memberikan informasi nomor perkaranya. 

Ketiga:
Pemegang Kas berdasarkan Buku Jurnal Keuangan Perkara memberi penjelasan mengenai rincian penggunaan biaya perkara kepada Pemohon/Penggugat. 

Catatan:
Apabila terdapat sisa panjar biaya perkaranya, maka Pemegang Kas membuatkan  kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dengan menuliskan jumlah uang sesuai sisa yang ada dalam buku jurnal dan diserahkan kepada Pemohon / Penggugat untuk ditanda tangani. Kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara terdiri dari 3 (tiga) lembar :
-    Lembar pertama untuk pemegang kas.
-    Lembar kedua untuk Pemohon / Penggugat
-    Lembar ketiga untuk dimasukkan ke dalam berkas perkara 

Keempat:
Pemohon / Penggugat setelah menerima kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dan menanda tanganinya, kemudian menyerahkan kembali kwitansi tersebut kepada Pemegang Kas. 

Kelima:
Pemegang Kas menyerahkan uang sejumlah yang tertera dalam kwitansi tersebut beserta tindasan pertama kwitansi kepada pihak Pemohon/Penggugat. 

Catatan : Apabila Pemohon / Penggugat tidak hadir dalam sidang pembacaan putusan atau tidak mengambil sisa panjarnya pada hari itu, maka oleh Panitera melalui surat akan diberitahukan adanya sisa panjar biaya perkara yang belum ia ambil. Dalam pemberitahuan tersebut diterangkan bahwa bilamana Pemohon / Penggugat tidak mengambil dalam waktu 6 (enam) bulan, maka uang sisa panjar biaya perkara tersebut akan dikeluarkan dari Buku Jurnal Keuangan yang bersangkutan dan dicatat dalam buku tersendiri sebagai uang tak bertuan (1948 KUHPerdata), yang selanjutnya uang tak bertuan tersebut akan disetorkan ke Kas Negara.

Pimpinan

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Kepaniteraan

Transparansi Anggaran

Penunjuk Waktu

 

Sukoharjo

Hari ini

Berita PTA Semarang

Situs Web Resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang

Berita Umum

ANTARA News - Berita Terkini
News And Service
  • Cerita pengemudi gojek yang mengantar pembunuh dokter
    Supir Go-Jek yang mengantar tersangka dokter Ryan Helmi ke Azzahra Medical Center Cawang, tempat  dia menembak istrinya dokter Letty Sultri hingga tewas menceritakan lagi kejadian nahas itu. Rahmadsah Nasution (51) ...
  • Pemulangan Korban KKB Jateng
    Para korban penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Timika, Papua tiba di Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (22/11/2017). Sebanyak 43 warga Jateng korban penyanderaan KKB yang dinyatakan ...
  • Presiden sampaikan pesan persatuan di pesantren Lombok
    Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan persatuan dalam kunjungan kerja Kamis di Lombok, tempat Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani (NW) dan Pondok Pesantren Darunahdlatin Nahdlatul Wathon Pancor yang ...

Waktu Shalat

KONTAK KAMI

AL-Qur'an Online

Hitung Zakat