logo mahkamah agung website ramah difable
Typography Berita Terkini

Kami akan menyajikan berita-berita terupdate tentang berbagai kegiatan di Pengadilan Agama Sukoharjo.

Era Baru Peradilan berbasis Elektronik

11Jan

Karanganyar, (11/01/2019), di Hotel Syariah Lor In Solo tepatnya di Ballroom Al-Fawwas Lantai 12 diadakan acara Sosialisasi e-Court (layanan Administrasi Perkara Secara Elektronik) dalam kegiatan kali ini diperuntukkan bagi para pelaksana (admin,penanggung jawab dan user) E-Court. . Sebagai Narasumber adalah dari Bank BNI Syariah Cabang Sukoharjo, perwakilan dari PA Karanganyar yang sudah mendapat perkara E-Court dan Panitera PTA Semarang, Bapak Tukiran,

Sosialisasi e-Court ini dibuka oleh Ketua PTA Semarang, dalam pembukaannya beliau menyampaikan dasar dari Implementasi e-Court ini adalah dari PERMA No.3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik yang mana peraturan ini mengikat secara Eksternal bagi Aparatur Peradilan itu sendiri maupun Masyarakat / Pencari Keadilan, serta internal.

Disisi lain terkait e-Court ini disampaikan oleh BNI Syariah ( Yuvina) bahwa tahap yang sudah dilaksanakan oleh Pengadilan Agama ini sendiri sudah sampai pada pembuatan Virtual Acount dengan mengadakan MOU dengan BNI Syariah, hal ini sebagai wujud keseriusan implementasi dari pada e-Court itu sendiri. yang mana diharapkan dengan nantinya ketika e-Court ini sudah bisa aktif dijalankan akan lebih mempermudah kita khususnya dalam beracara di Pengadilan Agama yang mana bisa Pendaftaran Perkara secara online, Mendapatkan e-Skum Secara Online, Pembayaran Online, Melakukan Konfirmasi Pembayaran Secara Online dan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan secara online.

Untuk menggunakan layanan administrasi perkara di Pengadilan secara elektronik, advokat harus mendaftarkan akun secara daring (online) melalui Aplikasi e-Court melalui website https://ecourt.mahkamahagung.go.id yang nantinya Advokat akan disuguhkan dengan Form-form yang harus diisi secara lengkap (e-Mail dan diverifikasi sebagai Akun Pengguna Terdaftar.

Pengaturan administrasi perkara di Pengadilan secara elektronik dalam petunjuk pelaksanaan ini berlaku untuk semua jenis perkara perdata agama yang meliputi: a. Pendaftaran; b. Pembayaran, penambahan dan pengembalian Panjar Biaya Perkara; c. Pemanggilan; d. Jawaban; e. Replik; f. Duplik; g. Kesimpulan; h. Pemberitahuan; i. Pengiriman Salinan Putusan; j. Tata Kelola Administrasi Perkara. Layanan e-Court ini hanya dapat digunakan oleh Pengguna Terdaftar sesuai peruntukannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. .

Sementara dari PA Karanganyar menyampaikan bahwa mereka masih sampai dengan E-Summons (panggilan Elektronik Via Email), untuk proses pendaftaran , pembayaran , sempat bermasalah bahwa uang dari advocat belum masuk, ternyata setelah telepon BRI, masalah dapat diselesaikan. Untuk pendaftaran masalahnya nya pada file gugatan yang dikirim format pdf, namun bisa diselesaikan dengan minta format rtf pada saat sidang 1. Dalam sesi tanya jawab , banyak yang masih bingung, utamanya terkait surat gugatan yang digandakan oleh siapa, pemanggilan via email apakah sudah terakomodir E-court apa secara kirim email manual, ketika sidang 1 apa harus melampirkan berkas lagi dan apa saja , dan ini nanti yang akan di rapatkan di pimpinan PTA Semarang . Acara ditutup tepat pukul 16.00 oleh Ketua Koordinator Surakarta , Drs. Kholis, M.H, beliau berharap kepada semua elemen pihak yang terkait baik Advokat/ Pengacara, mitra Bank, dan juga Pengadilan Agama itu sendiri agar ikut mendukung implementasi e-Court di Pengadilan Agama Koordinator Wilayah Surakarta ini nantinya.

Continue Reading

Persiapan pelaksanaan E-Court Pengadilan Agama Sukoharjo

06Nov

Pada Bulan November 2018 ini Pengadilan Agama Sukoharjo mengadakan program pelaksanaan E-Court , dalam minggu pertama ini langkah yang dilakukan adalah memohon izin ke KPPN Surakarta untuk perubahan Bank tempat layanan Titipan pihak ke 3 setelah itu akan dibuka Rekening Virtual Account di Bank tersebut untuk mendukung pelaksanaan E-Court.

Continue Reading

Persiapan Survilen SAPM Pengadilan Agama Sukoharjo

02NOV

Sukoharjo | PA Sukoharjo

Bertempat di ruang rapat lantai 2 gedung Pengadilan Agama Sukoharjo diselenggarakan kegiatan rapat pembahasan dokumen SAPM terbaru hasil revisi. Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB hari Selasa tanggal 9 Oktober 2018 ini secara fokus membahas tentang dokumen SAPM hasil revisi terbaru yang dikeluarkan oleh Dirjen Badilag sesuai dengan Surat Nomor 200/DJA/OT.01.3/VIII/2018 tanggal 9 Agustus 2018 tentang Pemberlakuan Buku I Pedoman SAPM Edisi Terbaru. Buku I SAPM yang semula terdiri dari empat bab sekarang bertambah satu bab menjadi lima bab. Satu bab tambahan tersebut berisi Program Prioritas Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama yang meliputi :

1. Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

2. Pelayanan Informasi melalui website pengadilan

3. Penyelesaian perkara tepat waktu

4. Minutasi dalam satu hari (one day minutation)

5. Publikasi putusan dalam satu hari (one day publish)

6. Administrasi perkara secara elektronik (E-Court)

7. Implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)

Selain itu, rapat juga diadakan guna mereview dokumen SAPM yang masih sesuai untuk dapat dipertahankan dan dokumen yang sudah tidak sesuai untuk dilakukan perbaikan sesuai aturan dan pedoman terbaru. Rapat berlangsung dengan serius dan tertib dengan komitmen dari seluruh personil aparatur Pengadilan Agama Sukoharjo untuk dapat mempertahankan predikat “A” Excellent yang telah berhasil diraih di tahun sebelumnya.

PPL IAIN SURAKARTA

11OKT

Pada Bulan Oktober 2018 ini Pengadilan Agama Sukoharjo mendapat kunjungan dari mahasiswi dan mahasiswa IAIN Surakarta untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan, jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang PPL 25 Orang, Semoga dengan adanya Praktik Kerja Lapangan ini menambah wawasan dan pengetahuan bagi para Mahasiswa IAIN Surakarta.

Continue Reading

Upacara Hari Peringatan Kemerdekaan RI Ke 73

17AGT

Pengadilan Agama Sukoharjo mengadakan Upacara bersama Pengadilan Negeri Sukoharjo memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 73, Upacara dilaksanakan di halaman depan PN Sukoharjo, dengan Pembina Upacara adalah Ketua PN Sukoharjo.Upacara berlangsung lancar tanpa hambatan berarti. Dirgahayu Republik Indonesia, semoga semakin jaya selalu berkat kerja Bersama.

Continue Reading

Persiapan Penilaian SAPM

14AGT

Persiapan penilaian SAPM Pengadilan Agama Sukoharjo dimulai pada tanggal 14 Agustus 2018, pertama yang kami lakukan adalah mempersiapkan dokumen terdahulu (penilaian 1) , kemudian untuk selanjutnya disesuaikan dengan penilaian yang terbaru , mohon dukungan dan komitmen semua pegawai agar Penilaian ke 2 SAPM ini dapat berjalan lancar.

Continue Reading

Lomba PTSP Badilag

10AGT

BAdilag akan menggadakan Lomba PTSP

Continue Reading